Beranda Pendidikan 15 Juni, Kelulusan SD Diumumkan

15 Juni, Kelulusan SD Diumumkan

212

BANYUASIN, GP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Banyuasin akan mengumumkan kelulusan satuan pendidikan sekolah Dasar (SD) sederajat bulan depan, pengumuman dilakukan secara serentak.

Keterangan tersebut disampaikan kepala Bidang Pemninaan Sekolah Dasar Akmah Ihwani, S.Pd melalui Kepala Seksi Kurikulum SD Raad, S.Pd saat dimintai keterangan pada Kamis lalu.

Seraya mengatakan, pengumuman SD tahun 2019/2020 dalam keadaan darurat. “Pengumuman ditengah mewabahnya Pandemi Covid 19, akan dilaksanakan 15 Juni nanti, bila tidak ada perubahan,” kata dia.

Seraya mengatakan, sebab sekolah sudah melaksanakan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) beberapa waktu lalau dilakukan secara daring. Untuk nilai ijazah, tutur dia, diambilkan dari mulai semester 5 dan 6.

Sedangkan untuk pengumuman kelulusan juga melalui online yang bisa diakses oleh peserta, namun mekanismenya diserahkan ke pihak sekolah.penentuan lulus dan tidaknya kata dia, adalah hak dari sekolah. “Dengan ditiadakannya UN, kelulusan siswa didasarkan pada nilai rapor dan hasil tugas selama menjalani pembelajaran jarak jauh,” tutur dia.

Seperti diketahui pemerintah meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 menyusul mewabahnya virus Corona (COVID-19).
Ditiadakannya UN, sebagai bentuk penerapan physical distancing atau jaga jarak untuk menghentikan mata rantai penyebaran Corona.

Termasuk juga ditiadakan ujian sekoah berstandar nasional (USBN) juga ditiadakan tujuannya agar tetap menjaga jarak satu sama lain pada pendemi Covid19. Dia juga mengajak para guru dan peserta didik agar selalu waspada terhadap Pandemi Covid 19, agar tetap dirumahkan, jaga jarak, Cuci tangan, jangan keluar rumah.

Diharapkan, kata dia, pandemi Covid 19 cepat berlalu sehingga proses belajar mengajar kebali seperti semula atau dilaksanakan di dalam kelas.”Kita berharap orang tua siswa dapat memaklumi kondisi seperti sekarang, karena proses belajarnya masih dalam kondisi darurat. (Adm)